PILE DYNAMICS

In spite of their obvious deficiencies and their unreability, pile driving formulas still great popularity among practicing engineers, because the use of these formulas reduce the design of pile foundations to a very simple procedure. The price one pays for this artificial simplification is very high.

Karl Terzaghi, 1943. Theoretical Soil Mechanics. John Wiley & Sons, New York.

Minggu, 02 Oktober 2011

Cikal-bakal ditemukan-nya PDA (Pile Driving Analyzer)

Pada tahun 1964, sebuah proyek penelitian untuk mengembangkan teknologi baru tentang pengujian tiang dimulai di Case Institute of Technology (sekarang Case Western Reserve University) in Cleveland, Ohio, USA. The Ohio Department of Transportation mendanai pada tahap awal. Penelitian berhasil menghasilkan peralatan elektronik yang dapat ditampilkan/ dilihat, untuk setiap pukulan hammer, kapasitas daya dukung tiang berdasarkan dasar teori gelombang tegangan. Dynamic Load Testing atau High Strain Dynamic Testing berdasarkan the Case Method, adalah sebagai Metodologi yang sekarang dipakai, dapat dilihat sebagai pelengkap atau alternative terhadap metode Static Load Tests.


Pada tahun 1972, the Journal of Soil Mechanics and Foundations Division of the American Society of Civil Engineers mempublikasikan jurnal oleh Frank Rausche : "Soil Predictions from Pile Dynamics". Juga di tahun 1972, Pile Dynamics, Inc. (PDI) didirikan untuk meneruskan adanya alat teknologi baru yang dibutuhkan dalam melakukan Pengujian tiang dinamis pada industri pondasi dalam. Teknologi tersebut adalah Pile Driving Analyzer®, dan juga bekerja sama dengan signal matching software yang dikenal sebagai CAPWAP® (berdasarkan Dissertasi Frank Rausche).

Pada tahun 1976, para peneliti di atas mendirikan sebuah perusahaan konsultan, sekarang dikenal sebagai GRL Engineers, Inc. Misi dari GRL ini adalah untuk mendukung jasa pengujian dinamis tiang berdasarkan Case Method untuk industri pondasi dalam. Sejak tahun 1976 dilakukan pengembangan, manajemen dan operasional pada GRL dan PDI dibawah arahan Dr. Frank Rausche dan Garland Likins.



Penelitian terapan dapat diteruskan oleh PDI dan GRL. Atas bantuan U.S. Department of Transportation, perusahaan mengembangkan program software untuk memprediksi kinerja tiang selama pemancangan dan pada tahun 1976 dihasilkan laporan penelitian akhir pada Wave Equation Analysis of Pile Driving – WEAP Program. Program tersebut menjadi dasar program GRLWEAP, dimana sangat membantu dalam penyebaran Persamaan Gelombang di seluruh dunia untuk memprediksi kapasitas dan metode pengujian dinamis tiang.


Hingga hari ini kedua perusahaan PDI dan GRL tetap berkomitmen untuk melanjutkan the art of testing dan quality assurance untuk pondasi tiang pada penelitian dan inovasi. Pile Dynamics, Inc terus focus pada pembuatan dan peningkatan peralatan pengujian pondasi. Seiring dengan pertumbuhan dan pengembangan tiap produknya yang mengikutsertakan state-of-the-art produk pada pengujian semua jenis pondasi tiang, juga telah mempunyai kemampuan layar sentuh,  , remote data acquisition dan teknologi wireless data transmission terhadap komunitas pondasi dalam (baca lebih lanjut di About PDI).  GRL Engineers, Inc., sekarang dengan seluruh kantor cabangnya di Amerika, terus mendukung pengujian dan jasa konsultan pada industri pondasi. (baca lebih lanjut di About GRL).  Dua perusahaan bersaudara memelihara keahlian masing-masing, misi, dan komitmen untuk melayani klien, sebagai sinergi antar keduanya.   Garland Likins dan Frank Rausche tetap menjadi pimpinan kedua perusahaan berlokasi di Cleveland Ohio, USA.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar